Wartajakarta.idWartajakarta.idWartajakarta.id
  • Home
  • Jakarta
    • Kepulauan Seribu
    • Jakarta Barat
    • Jakarta Pusat
    • Jakarta Selatan
    • Jakarta Timur
    • Jakarta Utara
  • Nasional
    • Politik
    • Hukum
    • Bisnis
    • Kesehatan
    • Teknologi
  • Dunia
  • Indeks Berita
Search
  • About
  • Redaksi
  • Pedoman Media Siber
  • Privacy Policy
  • SOP Perlindungan Wartawan
  • Disclaimer
  • Contact
© 2022-2023 Wartajakarta.id. Berbagi Kabar Seputar Jakarta. All Rights Reserved.
Reading: Keselamatan Pasien jadi Budaya Kerja di Rumah Sakit
Sign In
Notification Show More
Wartajakarta.idWartajakarta.id
  • Jakarta
  • Nasional
  • Dunia
  • Hukum
  • Politik
  • Bisnis
  • Kesehatan
  • Teknologi
  • Indeks Berita
Search
  • Jakarta
  • Bisnis
  • Hukum
  • Nasional
  • Dunia
  • Politik
  • Kesehatan
  • Teknologi
  • Indeks Berita
Have an existing account? Sign In
Follow US
  • About
  • Redaksi
  • Pedoman Media Siber
  • Privacy Policy
  • SOP Perlindungan Wartawan
  • Disclaimer
  • Contact
© 2022-2023 Wartajakarta.id. Berbagi Kabar Seputar Jakarta. All Rights Reserved.
Wartajakarta.id > Berita > Nasional > Keselamatan Pasien jadi Budaya Kerja di Rumah Sakit
Nasional

Keselamatan Pasien jadi Budaya Kerja di Rumah Sakit

Wartajakarta.id 18 September 2023
Share
4 Min Read
SHARE

Direktur Jenderal Pelayanan Kesehatan Kementerian Kesehatan RI dr. Azhar Jaya, SKM, MARS. Mengatakan keselamatan pasien adalah tujuan utama dari pelayanan di rumah sakit.

“Tujuan utama tertuju kalau pasien terselamatkan. Semua kegiatan keselamatan pasien harus dilaksanakan oleh seluruh civitas yang ada di rumah sakit dan ini harus menjadi budaya kerja,” kata Dirjen dr. Azhar pada World Patient Safety Day 2023 di RS Kanker Dharmais, Jakarta, Minggu (17/9).

Keselamatan pasien harus dipahami oleh seluruh sivitas rumah sakit dan dilakukan sebagai bentuk budaya kerja. Semua komponen mulai dari Satpam, cleaning service, bagian administrasi, perawat, sampai dokter itu harus memahami fungsi dari keselamatan pasien.

Hal Ini penting karena rumah sakit harus melayani pasien menjadi sehat dan tetap selamat. Upaya pelayanan pasien harus mengacu pada standar keselamatan pasien sebagaimana dalam UU nomor 11 tentang Keselamatan Pasien.

Dirjen dr. Azhar menambahkan undang-undang tersebut menyatakan pengaturan keselamatan pasien bertujuan untuk
meningkatkan mutu pelayanan fasilitas kesehatan melalui penerapan manajemen risiko dalam seluruh aspek pelayanan yang disediakan oleh fasilitas pelayanan kesehatan.

“Saya mengajak kita semua dapat terkait untuk bersama-sama berperan aktif dalam upaya peningkatan mutu dan keselamatan pasien secara terus-menerus dan berkesinambungan sehingga menjadi suatu budaya di lingkungan rumah sakit,” ucap dr. Azhar.

Sebagai wujud keseriusan pemerintah terhadap keselamatan pasien, melalui Komite Nasional Keselamatan Pasien akan mengkoordinasikan semua kejadian-kejadian atau insiden yang ada di setiap fasilitas layanan kesehatan. Jika ada suatu kejadian atau tidak ada kejadian rumah sakit wajib melaporkan secara rutin.

Laporan ini diperlukan untuk pembelajaran dan penelitian agar saat terjadi insiden rumah sakit sudah siap.

Direktur Medik dan Keperawatan RS Kanker Dharmais dr.Reni.Wigati, Sp. A (K) mengatakan keselamatan pasien adalah yang utama bagi RS Kanker Dharmais sebagai salah satu fasilitas kesehatan yang menyediakan layanan untuk pasien-pasien kanker.

Pasien kanker akan menjalani berbagai fase mulai dari diagnosis, terapi dan pemantauan jangka panjang. Menurutnya bagi pasien-pasien yang perlu layanan jangka panjang, keselamatan pasien menjadi lebih utama lagi karena ini adalah sesuatu proses pelayanan yang cukup membutuhkan waktu lama.

“Tidak hanya kita menyelenggarakan pelayanan berdasarkan keputusan tenaga kesehatan belaka, namun kita juga harus mendengarkan kebutuhan pasien bagaimana mereka hendak dilayani dan juga mendengarkan mereka bagaimana mereka bisa ditingkatkan lagi keselamatannya dalam menjalani semua proses terapi,” ucap dr. Reni.

dr. Tompi yang juga seorang musisi menilai zaman berubah, berkembang dan paradigma pelayanan pasien di rumah sakit tentu akan berubah mengikuti perkembangan zaman.

“Saya melihat pelayanan kesehatan itu seyogyanya menempatkan pasien bukan sebagai orang sakit namun sebagai masyarakat yang memang membutuhkan service yang excellent. Itu kedepannya yang akan kita kembangkan untuk berusaha memberikan pelayanan yang terbaik,” ungkap dr. Tompi.

Inul Daratista, penyanyi kenamaan itu sempat menjadi pasien di salah satu rumah sakit. Ia menceritakan pengalamanya bahwa keselamatan pasien menjadi hal terpenting bagi pasien itu sendiri.

“Sejauh ini saya melihat bahwa pelayanan di RS waktu itu pelayanan masih bagus dan respons dari dokter juga bagus. Sebenarnya yang paling penting adalah kenapa pasien cocok sama pelayan dokter,” ungkap Inul.

Berdasarkan perspektifnya, sebagai pasien, yang pertama diharapkan adalah kenyamanan, ketenangan, dan ketersediaan farmasi.

Previous Article Polres Tangsel Gelar Operasi Zebra Jaya 2023
Next Article Resmikan Paviliun Indonesia di CAEXPO 2023, Wapres Ma’ruf Amin Harap Produk Indonesia Makin Mendunia
Leave a comment Leave a comment

Tinggalkan Balasan Batalkan balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *

Kabar Terbaru

Ditpolsatwa Polri Gelar Sarasehan Menuju Indonesia Canine dan Satwancara Fest 2025 Jelang Hari Bhayangkara ke-79 dan HUT Polsatwa ke-66
Hukum 3 Juni 2025
Presiden Prabowo Gulirkan Paket Stimulus Ekonomi Rp24,44 Triliun
Nasional 3 Juni 2025
Pemerintah Pastikan Penyaluran Bansos Triwulan II Gunakan Data Tunggal Sosial Ekonomi Nasional
Nasional 3 Juni 2025
Mentan Andi Amran Sulaiman Laporkan Swasembada Beras Lebih Cepat dari Target Presiden
Nasional 3 Juni 2025
Inpres Data Tunggal, Pemerintah Perbaiki Penyaluran Bantuan Sosial
Nasional 3 Juni 2025
Kemenkes Upayakan Kepastian Operasional KKHI Makkah untuk Perlindungan Kesehatan Jemaah
Nasional 3 Juni 2025
Tim Amirul Hajj Soroti Kematian Jemaah, Kemenkes RI Susun Strategi Layanan Terpadu
Nasional 3 Juni 2025
Kakorlantas Polri Instruksikan Dirlantas Ajak BUMN dan Proyek Pembangunan Tinggalkan Angkutan tak Sesuai Aturan
Hukum 3 Juni 2025
Presiden Prabowo Tegaskan Komitmen Menuju Indonesia Raya
Nasional 3 Juni 2025
Presiden Prabowo Subianto Tegaskan Pancasila Bukan Sekadar Slogan, Tapi Pedoman Hidup Bangsa
Nasional 2 Juni 2025

You Might also Like

Nasional

Dukung Pelaksanaan KTT G20, 143 Kendaraan Listrik Disiapkan

Wartajakarta.id Wartajakarta.id 19 Oktober 2022
Nasional

Kemenag Kaji Transformasi IAIN Madura menjadi Universitas Islam Negeri

Wartajakarta.id Wartajakarta.id 30 Juli 2024
Nasional

Kurangi Penggunaan LPG, Pemerintah Dorong Pemanfaatan Jargas di Rumah Tangga

Wartajakarta.id Wartajakarta.id 4 Juni 2024
Nasional

Jelang Pernikahan Kaesang Pangarep-Erina Gudono, PLN Remajakan Instalasi Listrik Pura Mangkunegaran

Wartajakarta.id Wartajakarta.id 9 Desember 2022
Nasional

Presiden Jokowi Apresiasi Peningkatan Aktivitas di Bandara Internasional Kertajati Jawa Barat

Wartajakarta.id Wartajakarta.id 11 Juli 2023
Nasional

Wapres Ma’ruf Amin Minta Pamong Praja Sukseskan Penyelenggaraan Pilkada Serentak 2024

Wartajakarta.id Wartajakarta.id 1 Agustus 2024
Nasional

Wamenhan M Herindra Terima Dubes RI untuk Sarajevo, Bahas Peluang Kerja Sama Pertahanan

Wartajakarta.id Wartajakarta.id 9 November 2023
Nasional

Pelunasan Biaya Perjalanan Ibadah Haji Ditutup 2 Mei

Wartajakarta.id Wartajakarta.id 30 April 2025
Nasional

Presiden Jokowi Pimpin Upacara Peringatan HUT Ke-79 TNI

Wartajakarta.id Wartajakarta.id 5 Oktober 2024
Show More
Wartajakarta.idWartajakarta.id
Follow US
© 2022-2023 Wartajakarta.id. Berbagi Kabar Seputar Jakarta. All Rights Reserved.
  • About
  • Redaksi
  • Pedoman Media Siber
  • Privacy Policy
  • SOP Perlindungan Wartawan
  • Disclaimer
  • Contact
Welcome Back!

Sign in to your account