Wartajakarta.idWartajakarta.idWartajakarta.id
  • Home
  • Jakarta
    • Kepulauan Seribu
    • Jakarta Barat
    • Jakarta Pusat
    • Jakarta Selatan
    • Jakarta Timur
    • Jakarta Utara
  • Nasional
    • Politik
    • Hukum
    • Bisnis
    • Kesehatan
    • Teknologi
  • Dunia
  • Indeks Berita
Search
  • About
  • Redaksi
  • Pedoman Media Siber
  • Privacy Policy
  • SOP Perlindungan Wartawan
  • Disclaimer
  • Contact
© 2022-2023 Wartajakarta.id. Berbagi Kabar Seputar Jakarta. All Rights Reserved.
Reading: AI Bangun Keterlibatan Kaum Muda di Pilpres Indonesia 2024
Sign In
Notification Show More
Wartajakarta.idWartajakarta.id
  • Jakarta
  • Nasional
  • Dunia
  • Hukum
  • Politik
  • Bisnis
  • Kesehatan
  • Teknologi
  • Indeks Berita
Search
  • Jakarta
  • Bisnis
  • Hukum
  • Nasional
  • Dunia
  • Politik
  • Kesehatan
  • Teknologi
  • Indeks Berita
Have an existing account? Sign In
Follow US
  • About
  • Redaksi
  • Pedoman Media Siber
  • Privacy Policy
  • SOP Perlindungan Wartawan
  • Disclaimer
  • Contact
© 2022-2023 Wartajakarta.id. Berbagi Kabar Seputar Jakarta. All Rights Reserved.
Wartajakarta.id > Berita > Bisnis > AI Bangun Keterlibatan Kaum Muda di Pilpres Indonesia 2024
Bisnis

AI Bangun Keterlibatan Kaum Muda di Pilpres Indonesia 2024

Wartajakarta 3 April 2024
Share
4 Min Read
SHARE

Penggunaan teknologi sebagai salah satu kunci utama untuk membangkitkan semangat partisipasi pemilih terlihat dalam penyelenggaraan Pemilihan Presiden (Pilpres) Indonesia 2024. Di tengah maraknya penggunaan media sosial sebagai sarana kampanye, Presiden Terpilih Jenderal TNI (HOR) (Purn) Prabowo Subianto mendorong penerapan inovasi teknologi canggih seraya menggugah kesadaran publik lewat strategi komunikasi berbasis kecerdasan buatan (artificial intelligence).

Hal ini diharapkan dapat meningkatkan partisipasi pemilih, terutama generasi digital native yang terbiasa beraktivitas di ruang maya dan media sosial. Penting diketahui bahwa menurut data Badan Pusat Statistik (BPS), pemilih Generasi Z dan kaum milenial yang berusia 17-26 tahun adalah pemilik suara terbanyak dengan jumlah lebih dari 60 juta jiwa atau 56 persen daftar pemilih tetap.

Penerapan teknologi kecerdasan buatan ini tercermin dalam aplikasi foto AI, FotoBer2.ai. Aplikasi berbasis web yang dikembangkan WIR Group melalui anak perusahaannya AR&Co ini memungkinkan pengguna untuk membuat swafoto bersama pasangan Presiden dan Wakil Presiden terpilih Prabowo Subianto – Gibran Rakabuming Raka dalam berbagai tema yang menarik, memvisualisasikan kedekatan keduanya dengan masyarakat.

Kampanye ini mendulang 2,5 juta interaksi dalam 40 hari dalam masa kampanye, khususnya pada kelompok demografis Generasi Z, pengguna mayoritas media sosial, serta telah mendapatkan lebih dari 55 juta views di berbagai platform. FotoBer2.ai berhasil merevolusi metode kampanye dalam kaitannya menjangkau lebih banyak pemilih.

Untuk mendapatkan swafoto, pengguna perlu mengakses situs FotoBer2.ai. Akurasi hasil foto dapat ditingkatkan dengan terlebih dahulu mendeskripsikan diri pengguna melalui pilihan-pilihan yang telah disediakan, misalnya jenis kelamin dan usia.

Pengguna kemudian dapat memilih berbagai tema swafoto yang mengesankan dan terpersonalisasi, misalnya sambil berkuda, memancing, atau dengan latar belakang Istana Kepresidenan di Ibu Kota Negara (IKN) berdesain burung garuda yang sedang mengepakkan sayap karya dari Nyoman Nuarta.

Aplikasi ini hanya mendeteksi satu wajah, dan untuk mendapatkan hasil terbaik, pengguna disarankan menggunakan kamera utama jarak dekat sehingga wajah tampak jelas dengan pencahayaan baik dan merata.

Pengembang aplikasi FotoBer2.ai, AR&Co, dengan dukungan teknologi yang adiluhung, yaitu melalui integrasi AR, VR, dan AI, memberikan solusi inovatif dan terdepan dalam membawa pengalaman pemilu yang lebih imersif serta partisipatif bagi masyarakat. AR&Co memandang berbagai inovasi teknologi tersebut bermanfaat untuk memperkaya proses demokrasi.

Hal ini memperkaya pengalaman kampanye dengan memungkinkan kandidat untuk terlibat secara lebih personal dan interaktif dengan pemilih, tanpa terbatas oleh geografis. Dengan dorongan inovatif dari AR&Co, masa depan kampanye pemilihan di Indonesia tidak lagi terbatas oleh metode konvensional. Ini adalah langkah maju yang menjanjikan, menuju proses demokrasi yang lebih dinamis dan responsif terhadap kebutuhan masyarakat modern.

FotoBer2.ai menyukseskan kampanye Prabowo-Gibran dengan memvisualisasikan kedekatan keduanya dengan masyarakat Indonesia. Ini adalah terobosan revolusioner dan telah menetapkan standar penggunaan AI untuk kampanye politik, membuat para kandidat terjangkau bagi sebanyak mungkin pendukung.

Inovasi ini juga menghasilkan gambaran baru akan teknologi yang dapat ditindaklanjuti demi mendorong kemajuan menuju terwujudnya smart society. Dengan demikian, penggunaan teknologi, khususnya AI dalam politik, dapat membuka pintu bagi partisipasi yang lebih luas dan inklusif dari masyarakat. Hal ini juga menunjukkan potensi besar teknologi untuk mengubah cara kampanye politik dilakukan di masa depan.

Previous Article Kunjungi Gudang Bulog Pematang Kandis, Presiden Jokowi Tinjau Stok Beras dan Serahkan Bantuan Pangan
Next Article Presiden Jokowi Lepas Pengiriman Bantuan Kemanusiaan untuk Warga Palestina dan Sudan
Leave a comment Leave a comment

Tinggalkan Balasan Batalkan balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *

Kabar Terbaru

Wapres Gibran Rakabuming Tinjau Pabrik Elektronika di Cikarang
Nasional 21 Mei 2025
Presiden Prabowo Subianto Serukan Penyederhanaan Regulasi untuk Kedaulatan Energi
Nasional 21 Mei 2025
Presiden Prabowo Subianto: Energi dan Pangan adalah Kunci Kedaulatan Bangsa
Nasional 21 Mei 2025
Kingston Dukung Masa Depan: Memungkinkan Masa Depan AI dengan Solusi Performa Tinggi di COMPUTEX 2025
Bisnis 21 Mei 2025
OPPO dan Discovery Channel Hidupkan Momen Perayaan Budaya Dunia di Hari Keanekaragaman Budaya 2025
Bisnis 21 Mei 2025
El’ Dablek Aldi Satya Mahendra Tembus 5 Besar, Makin Buktikan Predikat Pembalap Kelas Dunia
Bisnis 21 Mei 2025
Hitachi Vantara Luncurkan Virtual Storage Platform 360, Solusi Perangkat Lunak Manajemen Data Baru yang Menawarkan Pengalaman yang Lebih Sederhana dan Efisien
Bisnis 21 Mei 2025
Tips Kerja Sat-set Pakai Galaxy Tab S10 FE ala Andovi Da Lopez
Bisnis 19 Mei 2025
Penjualan Model Hybrid Tembus 51%, Suzuki Pertahankan Momentum Positif April 2025
Bisnis 19 Mei 2025
Seru-seruan Akhir Pekan Bersama Keluarga di Daihatsu Kumpul Sahabat Tangerang
Bisnis 18 Mei 2025

You Might also Like

Bisnis

Penerbit Erlangga Gelar Program Erlangga Art Awards 2023

Wartajakarta Wartajakarta 4 Agustus 2023
Bisnis

BigMarket dari BigBox, Solusi Digital Telkom untuk Analitik E-Commerce Berbasis AI

Wartajakarta.id Wartajakarta.id 15 November 2024
Bisnis

Ducati Resmikan Dealer di Bintaro

Wartajakarta Wartajakarta 4 November 2022
Bisnis

PLN Icon Plus Siap Wujudkan IKN Smart and Green City

Wartajakarta Wartajakarta 24 Maret 2024
Bisnis

PT PII Berkolaborasi dengan bjb

Wartajakarta Wartajakarta 8 Juni 2023
Bisnis

MDI Ventures dan Telkom Hadirkan Nex-BE Fest 2024 Wujudkan Inklusi Digital Berkelanjutan

Wartajakarta.id Wartajakarta.id 9 Desember 2024
Bisnis

Berhasil Bukukan Pendapatan Usaha Rp13,86 Triliun, Jasa Marga Konsisten Tingkatkan Kinerja Positif Perseroan Hingga Kuartal III Tahun 2024

Wartajakarta.id Wartajakarta.id 31 Oktober 2024
Bisnis

ChocRocks Cone Es Krim Rasa Indomie Goreng

Wartajakarta Wartajakarta 5 April 2023
Bisnis

XL Axiata Tempatkan 4 Unit Mobile BTS 4G di IKN

Wartajakarta Wartajakarta 9 Juni 2023
Show More
Wartajakarta.idWartajakarta.id
Follow US
© 2022-2023 Wartajakarta.id. Berbagi Kabar Seputar Jakarta. All Rights Reserved.
  • About
  • Redaksi
  • Pedoman Media Siber
  • Privacy Policy
  • SOP Perlindungan Wartawan
  • Disclaimer
  • Contact
Welcome Back!

Sign in to your account