Jakarta, 13 Mei 2025 – Di era ledakan data dan kecerdasan buatan, kebutuhan atas jaringan yang lebih cerdas, cepat, dan andal menjadi krusial. Menjawab kebutuhan ini, Huawei Indonesia menyelenggarakan Huawei Indonesia IP Club 2025, forum tahunan yang mengusung tema “Straight to Intelligent IP”, dengan fokus pada peran jaringan cerdas dalam mendukung transformasi digital lintas industri.
Acara ini menjadi panggung bagi para pelaku industri dan mitra teknologi untuk mendalami solusi jaringan cerdas berbasis IP (Internet Protocol), sebagai fondasi utama transformasi digital nasional. Pada kesempatan tersebut, Huawei memperkenalkan serangkaian teknologi dan solusi jaringan terdepan. Solusi ini dirancang untuk menjawab tantangan operasional seperti keamanan jaringan, deteksi kesalahan, efisiensi layanan, hingga pengelolaan biaya operasional yang semakin kompleks.
Berbagai solusi terbaru dari Huawei memungkinkan pemrosesan data dalam jumlah besar, konektivitas tinggi, dan efisiensi operasional bagi perusahaan di Indonesia. Dari edge computing hingga otomatisasi berbasis AI, Huawei menegaskan komitmennya untuk mendorong industri Indonesia menuju ekosistem digital yang siap masa depan.
“Melalui IP Club 2025, kami ingin menunjukkan bagaimana jaringan cerdas dan berbasis AI dapat menjadi pendorong utama bagi modernisasi industri,” ungkap Franck Xu, Marketing & Solution Sales Director of Huawei Indonesia Enterprise Business Group. ” Kami percaya bahwa infrastruktur IP yang tangguh dan cerdas adalah kunci untuk membuka potensi penuh data dan menghadirkan efisiensi operasional yang nyata bagi dunia usaha.”
Komitmen Huawei terhadap inovasi dan dukungan terhadap mitra lokal telah dibuktikan lewat kolaborasi jangka panjang dengan perusahaan nasional. Rachmad Nugroho, Internet Network Senior Manager of Biznet mengatakan, “Selama hampir 1 dekade, Huawei dan Biznet berhasil menjalankan kolaborasi yang sangat baik dan berkesinambungan dengan melakukan improvement terhadap network infrakstuktur Biznet dari waktu ke waktu dalam rangka memberikan pengalaman internet yang maksimal bagi masyarakat.”
Rachmad menambahkan, hal ini tidak terlepas dari kontribusi aktif Huawei dalam memberikan solusi network yang tepat, handal dan reliable dengan teknologi terdepan dan after sales support yang responsif, sehingga Biznet berhasil mempertahankan posisi sebagai penyedia layanan internet terbaik di Indonesia hingga saat ini.
Anas Dwi Vidianto, Cloud, Security and operation IT Division Head of Astra International mengatakan, bahwa kolaborasi strategis dengan Huawei yang terjalin sejak 2017 telah menjadi bagian penting dari perjalanan transformasi digital perusahaan guna menciptakan ekosistem bisnis otomotif yang lebih terhubung, efisien, dan siap menghadapi masa depan. “Kami melihat bahwa adopsi teknologi digital seperti IoT, AI, dan edge computing sangat krusial dalam mendukung operasional perusahaan. Infrastruktur jaringan dari Huawei, yang kami gunakan untuk jaringan kampus dan data center, terbukti andal dan scalable, serta mampu menyediakan konektivitas tinggi yang dibutuhkan untuk pengelolaan data secara real-time dan efisiensi operasional yang optimal,” kata Anas.
Dengan menghadirkan solusi yang tidak hanya canggih tapi juga dapat disesuaikan dengan kebutuhan industri lokal, Huawei menegaskan perannya sebagai mitra strategis dalam menciptakan nilai dari data dan membangun masa depan digital Indonesia.
—SELESAI—
Tentang Huawei
Didirikan pada tahun 1987, Huawei adalah penyedia infrastruktur teknologi informasi dan komunikasi (TIK) dan perangkat pintar terkemuka di dunia. Dengan solusi terintegrasi di seluruh domain utama – jaringan telekomunikasi, daya digital, perangkat pintar, dan layanan cloud – kami berkomitmen untuk menghadirkan digital ke setiap orang, rumah, dan organisasi untuk dunia yang sepenuhnya terhubung dan cerdas. Di Huawei, fokus inovasi adalah pada kebutuhan pelanggan. Kami berinvestasi besar-besaran dalam penelitian dasar, berkonsentrasi pada terobosan teknologi yang mendorong dunia ke depan. Kami memiliki lebih dari 207.000 karyawan, dan beroperasi di lebih dari 170 negara dan wilayah. Huawei telah berdiri di Indonesia sejak tahun 2000, mengembangkan ekosistem industri TIK lokal untuk menyediakan konektivitas bagi mayoritas penduduk Indonesia. Kami memiliki lebih dari 2.300 karyawan; 90 persen di antaranya adalah orang Indonesia. Secara keseluruhan, Huawei telah menciptakan lebih dari 20.000 lapangan pekerjaan secara langsung dan tidak langsung melalui kemitraan dengan hampir 1.200 pelaku industri lokal untuk membangun ekonomi di Indonesia, untuk Indonesia, oleh Indonesia, oleh orang Indonesia. Dengan berpegang teguh pada 4 pilar “I DO CONTRIBUTE, COLLABORATE, CREATE, CARE,” kami menempatkan diri sebagai bagian integral dari perjalanan bangsa untuk mencapai visi Indonesia Emas 2045.
Untuk informasi lebih lanjut, silakan kunjungi Huawei di www.huawei.com atau ikuti akun sosial media kami di:
https://www.instagram.com/huaweiforindonesia
http://www.huawei.com/minisite/explore-indo/en/