(OPPO Bekerjasama dengan Discovery Channel untuk meluncurkan inisiatif Culture in a Shot)
Jakarta, 21 Mei 2025 – Dalam rangka memperingati Hari Keanekaragaman Budaya untuk Dialog dan Pembangunan, OPPO menegaskan komitmennya dalam pelestarian budaya dan mendorong pemahaman lintas budaya melalui inisiatif global Culture in a Shot yang bekerja sama dengan Discovery Channel. Diluncurkan pada 2024, inisiatif ini memasuki tahun keduanya dan telah mendokumentasikan kekayaan budaya dari 15 negara, bertujuan untuk merayakan dan melestarikan keberagaman budaya melalui teknologi pencitraan OPPO.
Sebagai perusahaan teknologi global yang beroperasi di lebih dari 70 negara dan wilayah serta melayani 670 juta pengguna di seluruh dunia, keberagaman budaya menjadi bagian tak terpisahkan dari identitas OPPO. Mengusung tema di tahun 2025 yaitu Celebrate the Moment, OPPO dan Discovery Channel menjelajahi berbagai festival dan perayaan ikonik dari seluruh dunia, mulai dari Karnaval Venesia di Italia, tradisi Nauryz di Kazakhstan, hingga budaya sepak bola di Brasil. Melalui lensa smartphone OPPO, inisiatif ini menangkap kisah di balik perayaan budaya dan bagaimana generasi muda melestarikan tradisi dengan cara baru.
Perjalanan Budaya Menangkap Kebahagiaan Universal dalam Setiap Perayaan
Di seluruh dunia, festival menyatukan masyarakat melalui momen kebahagiaan, tradisi, dan kebersamaan. Lebih dari sekadar pertunjukan meriah, festival merupakan detak jantung komunitas, sebuah ekspresi sejarah, identitas, dan keterhubungan manusia.
Tahun ini, perjalanan dimulai dari Italia dengan Karnaval Venesia yang legendaris, sebuah perayaan di mana sejarah dan fantasi melebur menjadi satu. Awalnya festival ini menjadi bagian dari tradisi kaum bangsawan, kini karnaval ini telah bertransformasi menjadi acara budaya dunia yang terbuka bagi semua kalangan. Dengan topeng-topeng khas, arsitektur megah, dan semangat sukacita, keindahan Venesia tertangkap dengan indah oleh teknologi kamera OPPO.
Melanjutkan perjalanan ke Kazakhstan, sorotan tertuju pada Nauryz yang menjadi festival Tahun Baru tradisional yang melambangkan harapan baru, kemakmuran, dan persatuan. Festival ini menghidupkan suasana kota dengan musik, tarian, dan kostum tradisional. Salah satu bagian penting dalam perayaan ini adalah menyantap makanan khas seperti kumys atau susu kuda fermentasi dan nauryz-kozhe hidangan simbolis dengan tujuh bahan. Teknologi pencitraan OPPO menghadirkan nuansa hangat dalam kebersamaan keluarga dan semangat awal yang baru.
Tak hanya perayaan tradisional, bentuk perayaan juga hadir dalam kehidupan sehari-hari. Di Brasil, perayaan terbesar justru datang dari sepak bola. Lebih dari sekadar olahraga, sepak bola telah menjadi bagian dari budaya nasional yang merayakan semangat kolektif, lintas usia dan latar belakang. Kisah Mario Cesar Conceição Faria Júnior seorang pemain muda berusia 19 tahun, menunjukkan bagaimana sepak bola menjadi jantung budaya yang menginspirasi generasi muda Brasil untuk terus mengejar mimpi. Dari gang-gang kecil hingga stadion megah, sepak bola menyatukan bangsa melalui irama yang sama, penuh gairah dan kebanggaan.
Merangkai Cerita Budaya dari Seluruh Dunia
Selain konten fotografi profesional yang dihasilkan bersama Discovery Channel, OPPO juga mendorong komunitas globalnya untuk mendokumentasikan dan membagikan identitas budaya mereka sendiri.
Lebih dari sekadar arsip visual, Culture in a Shot adalah ajakan untuk berpartisipasi sekaligus memberikan ruang bagi suara grassroot dan mendorong semua orang untuk bangga dengan warisan budayanya. Kampanye ini juga hadir di media sosial melalui tantangan #OPPOCulturalChallenge di TikTok. Dengan tagar #OPPOxDiscovery dan #OPPOCulturalChallenge, para kreator diajak membagikan cara mereka merayakan dan melestarikan tradisi dalam kehidupan sehari-hari. Seperti saat Festival Songkran di Thailand, para kreator muda mengikuti tantangan ini dengan memadukan kreativitas dengan tradisi, dan menghidupkan kembali adat lama lewat cara baru dan relevan. Kontribusi mereka membuktikan bahwa budaya bukanlah sesuatu yang statis, namun terus hidup, berkembang, dan menjadi lebih berarti ketika dibagikan serta ditafsirkan oleh generasi baru.
Perjalanan Budaya Global Masih Berlanjut
OPPO dan Discovery Channel akan terus menjelajahi lebih banyak festival dan tradisi di berbagai negara, merayakan keberagaman yang menyatukan manusia di seluruh dunia. Untuk mengetahui lebih banyak cerita dan keindahan budaya dari inisiatif ini, silakan kunjungi halaman Culture in a Shot dan ikuti kampanye #OPPOCultureChallenge untuk merayakan budaya melalui lensa OPPO pada tautan berikut: https://oppo.discoverypartnerships.com/
###
Tentang OPPO
OPPO adalah merek perangkat pintar global terkemuka. Sejak meluncurkan ponsel pertamanya, “Smiley Face”, pada tahun 2008, OPPO terus berinovasi dalam menciptakan keseimbangan antara estetika dan teknologi canggih. Saat ini, OPPO menawarkan berbagai perangkat pintar yang dipimpin oleh seri Find dan Reno. Selain perangkat, OPPO juga menghadirkan sistem operasi ColorOS dan layanan internet. OPPO telah hadir di lebih dari 70 negara dan wilayah, dengan lebih dari 40.000 karyawan yang berdedikasi untuk menciptakan kehidupan yang lebih baik bagi pelanggan di seluruh dunia.