• Platform yang terintegrasi secara mendalam dengan Agentforce, termasuk Data Cloud dan aplikasi Customer 360 menjadi kunci untuk membuka peluang baru terkait produktivitas, inovasi, serta pertumbuhan bisnis.
• Edwin Hidayat Abdullah, Direktur Jenderal Ekosistem Digital Kementerian Komunikasi dan Digital (Komdigi) Republik Indonesia sampaikan peran penting AI bagi pertumbuhan Indonesia
Jakarta, 11 April 2025 — Salesforce, pengembang teknologi CRM berbasis AI global, menggelar Agentforce World Tour di Jakarta untuk mengenalkan kapabilitas dari Agentforce, platform tenaga kerja digital yang menyelaraskan agen-agen AI tepercaya serta otonom ke dalam alur pekerjaan.
Dihadiri lebih dari 500 pelanggan dan mitra, ajang ini juga menghadirkan pidato yang inspiratif, pengalaman demonstrasi serta pembuatan agen AI di tempat, hingga sesi seputar inovasi produk maupun diskusi khusus sektor industri guna membantu pelaku usaha agar dapat berhasil pada era agentic AI.
Dalam sambutannya, Edwin Hidayat Abdullah, Direktur Jenderal Ekosistem Digital Kementerian Komunikasi dan Digital (Komdigi) Republik Indonesia menggarisbawahi dampak positif dari teknologi AI terhadap pertumbuhan ekonomi Indonesia. Terkait evolusi AI, ia menekankan bahwa Agentforce akan memperbarui dinamika interaksi antara manusia dengan robot yang berperan sebagai mitra kerja yang semakin penting, bukan hanya alat pelengkap. Ia juga menyerukan kepada segenap pelaku usaha di Indonesia untuk mengintegrasikan AI ke dalam DNA bisnisnya secara proaktif dalam rangka mendorong produktivitas serta membangun perekonomian yang sehat.
Ia mengatakan, “Indonesia telah memasang target pertumbuhan yang tinggi untuk perekonomian digitalnya. Kami memahami bahwa AI akan memampukan kami untuk mencapai target-target tersebut, dan untuk itu kami akan meluncurkan peta jalan AI dan etika dalam penggunaan AI. Penting sekali untuk memiliki kolaborasi yang dapat meningkatkan produktivitas serta efisiensi di sektor ini, dan kami melihat platform seperti Salesforce merupakan pemberdaya yang signifikan terhadap kemajuan pelaku usaha Indonesia pada era digital.”
Para pembicara menjelaskan bagaimana platform Agentforce dan Salesforce yang terintegrasi secara mendalam dapat menciptakan kesempatan bagi setiap pelaku usaha di Indonesia untuk membuka peluang-peluang pertumbuhan yang baru. Agentforce merupakan lapisan agentic dari platform Salesforce yang digunakan untuk meluncurkan agen-agen AI otonom lintas fungsi bisnis. Agentforce mencakup serangkaian tools untuk menciptakan dan melakukan kustomisasi pada agen, serta memuat pustaka kecakapan yang siap diaplikasikan di bidang penjualan, pelayanan, pemasaran, dan komersial. Agentforce juga terkoneksi dengan Tableau, Slack, para mitra Salesforce, dan masih banyak lagi.
Pemimpin industri di Indonesia berbagi perspektifnya terkait era agentic
Didukung oleh akselerasi agenda digital pemerintah, perekonomian digital Indonesia diperkirakan bertumbuh sebanyak empat kali lipat hingga mencapai angka 360 miliar dolar AS pada 2030. Organisasi sektor publik maupun swasta telah meningkatkan adopsi teknologi seperti AI guna mempercepat pertumbuhannya. Sebagai penasihat solusi digital tepercaya, Salesforce turut mendukung perjalanan transformasi digital di Indonesia, serta membantu para pelaku sektor publik dan swasta memanfaatkan data gabungan dari berbagai proses CRM dan titik sentuh untuk menciptakan pengalaman pelanggan yang mulus dan terpersonalisasi.
Pada Agentforce World Tour Jakarta, beberapa perusahaan Indonesia yang visioner antara lain Bank Negara Indonesia (BNI), Indosat Ooredoo Hutchison, dan Tiket.com berbagi wawasannya terkait dampak AI terhadap bisnis di Indonesia dan bagaimana mereka tengah menggunakan teknologi ini untuk mencapai pertumbuhan dan peningkatan produktivitas.
Dalam salah satu sesi bincang-bincang bersama pelanggan, Victor Setya, Vice-President of Data, Tiket.com, membagikan bagaimana perusahaannya tengah mengadopsi AI di keseluruhan bisnisnya. Sebagai salah satu online travel agent (OTA) terkemuka di Indonesia, perusahaan juga menjelajahi berbagai kegunaan agentic AI, antara lain sebuah agen mitra yang dapat membantu pelanggan untuk memangkas waktu dalam proses perbandingan harga dan pemesanan. Tiket.com merupakan pelanggan Salesforce yang sejak lama memanfaatkan Service Cloud, Slack, dan Tableau dalam rangka integrasi data perusahaan dan menyediakan pengalaman pariwisata yang terbaik bagi para pelanggannya.
Membuka lini-lini baru bersama Agentforce
Agentforce membantu pelanggan untuk bergerak melampaui teknologi chatbot dan co-pilot yang mulai tertinggal. Tidak seperti teknologi pendahulunya, agen AI dapat mengambil tindakan dan berintegrasi dengan aplikasi Customer 360 serta Data Cloud milik Salesforce secara proaktif. Fitur ini memberikan kesempatan kepada pelaku usaha untuk membangun tim kerja tanpa batas yang mampu mengubah drastis setiap peran sekaligus alur kerja.
“Indonesia merupakan pusat inovasi yang dinamis dan menawarkan peluang pertumbuhan yang sangat besar bagi para pelaku usaha yang siap menyongsong teknologi yang tepat,” ujar Iman Muhammad, Country Leader of Salesforce Indonesia. “Agentforce menawarkan platform tenaga kerja digital yang terintegrasi, mampu memberdayakan bisnis di Indonesia untuk memaksimalkan nilai tambah AI, dan merevolusi beragam sektor industri seperti telekomunikasi, manufaktur, dan layanan keuangan.”
###
Tentang Salesforce
Salesforce membantu organisasi dengan berbagai ukuran dan skala untuk menyesuaikan bisnisnya di dunia yang serba-AI. Dengan Agentforce, platform tepercaya dari Salesforce, organisasi dapat memberdayakan SDM-nya untuk berkolaborasi dengan agen AI guna mendorong kesuksesan pelanggan yang diperkuat dengan AI, data, dan aksi. Kunjungi www.salesforce.com untuk informasi lebih lanjut.