Wartajakarta.idWartajakarta.idWartajakarta.id
  • Home
  • Jakarta
    • Kepulauan Seribu
    • Jakarta Barat
    • Jakarta Pusat
    • Jakarta Selatan
    • Jakarta Timur
    • Jakarta Utara
  • Nasional
    • Politik
    • Hukum
    • Bisnis
    • Kesehatan
    • Teknologi
  • Dunia
  • Indeks Berita
Search
  • About
  • Redaksi
  • Pedoman Media Siber
  • Privacy Policy
  • SOP Perlindungan Wartawan
  • Disclaimer
  • Contact
© 2022-2023 Wartajakarta.id. Berbagi Kabar Seputar Jakarta. All Rights Reserved.
Reading: Telkomsel Catat Pertumbuhan Trafik Broadband 17,95%, Sukses Sambungkan Semangat Pelanggan Selama Natal dan Tahun Baru 2024/2025
Sign In
Notification Show More
Wartajakarta.idWartajakarta.id
  • Jakarta
  • Nasional
  • Dunia
  • Hukum
  • Politik
  • Bisnis
  • Kesehatan
  • Teknologi
  • Indeks Berita
Search
  • Jakarta
  • Bisnis
  • Hukum
  • Nasional
  • Dunia
  • Politik
  • Kesehatan
  • Teknologi
  • Indeks Berita
Have an existing account? Sign In
Follow US
  • About
  • Redaksi
  • Pedoman Media Siber
  • Privacy Policy
  • SOP Perlindungan Wartawan
  • Disclaimer
  • Contact
© 2022-2023 Wartajakarta.id. Berbagi Kabar Seputar Jakarta. All Rights Reserved.
Wartajakarta.id > Berita > Bisnis > Telkomsel Catat Pertumbuhan Trafik Broadband 17,95%, Sukses Sambungkan Semangat Pelanggan Selama Natal dan Tahun Baru 2024/2025
Bisnis

Telkomsel Catat Pertumbuhan Trafik Broadband 17,95%, Sukses Sambungkan Semangat Pelanggan Selama Natal dan Tahun Baru 2024/2025

Wartajakarta.id 10 Januari 2025
Share
6 Min Read
SHARE
Warning: mysqli_query(): (HY000/1114): The table ‘(temporary)’ is full in /home/u6998656/public_html/wp-includes/class-wpdb.php on line 2345

  • Selama NARU 2024/2025, upaya seperti optimalisasi BTS, perluasan cakupan 5G di Jabodetabek, penerapan AI untuk menentukan titik keramaian, drive test, dan ragam produk menarik, Telkomsel telah memastikan kelancaran dan kenyamanan konektivitas serta pengalaman digital pelanggan.
  • Tercatat trafik akses broadband Telkomsel meningkat signifikan sebesar 17,95% dibandingkan rerata hari biasa sepanjang 2024, atau naik 19,50% dibandingkan periode NARU sebelumnya. Total trafik layanan data (payload) mencapai puncaknya pada bulan Desember, meningkat 19,41% dibandingkan tahun sebelumnya.
  • Telkomsel sukses mengoptimalkan penanganan gangguan jaringan selama momen NARU 2024/2025 menggunakan pendekatan AI dalam jaringan otonomnya (Autonomous Network). Tercatat sebanyak 93% gangguan yang terjadi berhasil ditangani secara otomatis melalui AN pada parameter eksekusi, dan rata-rata waktu pemulihan gangguan jaringan (Mean Time to Repair/MTTR) hanya 19,64 menit.

Jakarta, 10 Januari 2025 – Telkomsel sukses menyambungkan semangat pelanggan di momen Natal dan Tahun Baru (NARU) 2024/2025 dengan mengoptimalkan jaringan broadband canggih dan menyediakan produk serta layanan bernilai tambah. Melalui Telkomsel SIAGA NARU, Telkomsel telah memastikan kelancaran dan kenyamanan konektivitas serta pengalaman digital pelanggan.

Sebelumnya, ragam upaya untuk memastikan pengalaman terbaik bagi pelanggan di momen NARU telah dilakukan Telkomsel, seperti memperluas cakupan jaringan 5G secara masif dengan menambah ratusan titik 5G baru di Jakarta dan sekitarnya, menyediakan  46 BTS COMBAT, menyediakan  271 BTS 4G baru, meningkatkan kapasitas  178 BTS 4G/LTE,  lebih dari  269 ribu BTS  4G/LTE yang mencakup hingga 97% wilayah populasi Indonesia, serta mengoperasikan lebih dari 1.400 BTS 5G yang tersebar di lebih dari 56 kota/kabupaten. 

Telkomsel juga telah memetakan 409 titik keramaian di seluruh Indonesia menggunakan pendekatan AI dalam jaringan otonomnya (Autonomous Network), khususnya untuk menganalisis kebutuhan jaringan secara akurat dan mengantisipasi setiap kemungkinan gangguan secara cepat dan proaktif. Hasilnya, Telkomsel sukses mengoptimalkan penanganan gangguan jaringan selama momen NARU 2024/2025. Tercatat sebanyak 93% gangguan yang terjadi berhasil ditangani secara otomatis melalui AN pada parameter eksekusi, dan rata-rata waktu pemulihan gangguan jaringan (Mean Time to Repair/MTTR) hanya 19,64 menit. Kecepatan respon ini membuktikan komitmen Telkomsel untuk selalu menjaga pengalaman pelanggan tetap optimal dan nyaman di momen-momen penting.

Selama momen NARU tahun ini, Telkomsel juga melakukan drive test dengan total jarak 17.266 km guna menjamin kesiapan jaringan, juga menyediakan 19 posko utama serta 118 posko reguler, serta beragam promo menarik untuk memastikan ketersediaan produk dan layanan pelanggan.

Telkomsel Catat Pertumbuhan Trafik Broadband Selama NARU (1): Telkomsel memastikan pengalaman pelanggan tetap optimal dengan teknologi Autonomous Network berbasis AI yang menangani 93% gangguan, dan rata-rata waktu pemulihan hanya 19,64 menit.
 

Lewat ragam upaya yang telah dilakukan, tercatat trafik akses broadband Telkomsel meningkat signifikan sebesar 17,95% dibandingkan rerata hari biasa sepanjang 2024, atau naik 19,50% dibandingkan periode NARU sebelumnya. Total trafik layanan data (payload) mencapai puncaknya pada bulan Desember dengan angka 1.895 petabyte, meningkat 19,41% dibandingkan tahun sebelumnya.

Lonjakan aktivitas digital pelanggan juga tercatat mengalami pertumbuhan trafik di berbagai layanan seperti online gaming yang naik 68,74%, layanan komunikasi (instant messaging dan video conference) yang naik 37,97%, media sosial yang naik 34,55%, video streaming yang tumbuh 30,42%, serta e-commerce yang melonjak hingga 40,01%. Selain itu, lima aplikasi dengan pertumbuhan payload tertinggi selama periode NARU 2024/2025 adalah Instagram (47,09%), WhatsApp (44,01%), TikTok (31,13%), Facebook (29,60%), dan YouTube (26,49%).

Pertumbuhan trafik layanan SMS Telkomsel sebesar 37,09% dibandingkan rerata hari biasa, sementara layanan suara (voice) mengalami penurunan 1,28%. Sejumlah wilayah juga mencatatkan pertumbuhan trafik data yang signifikan dibandingkan rerata hari biasa, seperti Sumatra yang meningkat lebih dari 20%, Jabotabek-Jawa Barat yang naik lebih dari 14%, Jawa Bali yang tumbuh lebih dari 18%, serta Kalimantan dan Kawasan Timur Indonesia yang meningkat lebih dari 16%.

Vice President Corporate Communications & Social Responsibility Telkomsel, Saki H. Bramono, mengatakan, “Hasil pencapaian trafik broadband ini mencerminkan komitmen kami di Telkomsel untuk terus menghadirkan konektivitas yang andal dan inovatif, sesuai visi perusahaan menjadi penyedia layanan telekomunikasi digital terbaik di regional. Dengan semangat membuka semua peluang, Telkomsel mendukung masyarakat Indonesia untuk terus maju melalui optimalisasi jaringan berteknologi terdepan dan layanan bernilai tambah yang berpusat pada kebutuhan pelanggan di momen penting NARU.”

Sementara itu, pergerakan pelanggan Telkomsel terbesar terjadi di tiga regional di momen NARU 2024/2025, yakni Jawa Tengah-DIY dengan penambahan lebih dari 200 ribu subscriber, Sumbagut dengan penambahan lebih dari 150 ribu subscriber, dan Jawa Barat dengan penambahan lebih dari 120 ribu subscriber.

Telkomsel Catat Pertumbuhan Trafik Broadband Selama NARU (2): 
Telkomsel terus berkomitmen menghadirkan jaringan berkualitas dan inovasi produk untuk mendukung kebutuhan digital masyarakat Indonesia di momen penting.
 

Telkomsel juga mencatat beberapa destinasi wisata yang menjadi pusat aktivitas digital pelanggan selama periode NARU 2024/2025, di antaranya Pantai Kuta di Bali dengan kenaikan volume payload mencapai 115,56 terabyte, Wisata Kota Batu di Jawa Timur dengan 68,83 terabyte, serta Tempat Rekreasi Cipanas/Kota Bunga di Jawa Barat dengan 56,28 terabyte.

“Selama momen NARU, Telkomsel telah menunjukkan upaya kami untuk terus memahami kebutuhan pelanggan dan menghadirkan pengalaman digital yang nyaman. Kedepannya, kami akan selalu memastikan keandalan jaringan dan inovasi produk yang mendukung pelanggan untuk tetap terhubung dan produktif, seperti Natal dan Tahun Baru kali ini,” tutup Saki.

TAGGED:BisnisIndonesiaNasionalNusantara
Previous Article Honda dan Renesas Jalin Kerja Sama Kembangkan System-on-Chip (SoC) Berperforma Tinggi untuk Kendaraan Berbasis Perangkat Lunak
Next Article Menkes Pastikan Kubu Raya Siap Laksanakan Cek Kesehatan Gratis dan Bangun RS di Daerah 3T
Leave a comment Leave a comment

Tinggalkan Balasan Batalkan balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *

Kabar Terbaru

Belum Terima Nusuk? Jemaah Haji Diminta Agar Lapor ke Ketua Kloter
Nasional 22 Mei 2025
Bareskrim Polri Bongkar Sindikat Oplosan Gas Subsidi di Jakarta
Hukum 22 Mei 2025
Semakin Padat, Jemaah Perlu Perhatikan Tips Aman saat ke Masjidil Haram
Nasional 22 Mei 2025
Presiden Prabowo Pimpin Ratas Percepatan Hilirisasi, Konsorsium Huayou dan CATL Siap Jalankan Green Package
Nasional 22 Mei 2025
Cek Fakta Jemaah JKG 41 Pindah Sendiri dari Hotel 808, PPIH: Dikawal Petugas Hingga Penginapan
Nasional 22 Mei 2025
Wapres Gibran Rakabuming Tinjau Pabrik Elektronika di Cikarang
Nasional 21 Mei 2025
Presiden Prabowo Subianto Serukan Penyederhanaan Regulasi untuk Kedaulatan Energi
Nasional 21 Mei 2025
Presiden Prabowo Subianto: Energi dan Pangan adalah Kunci Kedaulatan Bangsa
Nasional 21 Mei 2025
Kingston Dukung Masa Depan: Memungkinkan Masa Depan AI dengan Solusi Performa Tinggi di COMPUTEX 2025
Bisnis 21 Mei 2025
OPPO dan Discovery Channel Hidupkan Momen Perayaan Budaya Dunia di Hari Keanekaragaman Budaya 2025
Bisnis 21 Mei 2025

You Might also Like

Bisnis

Perhutani Semarakkan Sobat Aksi Ramadan BUMN 2025 di PKBM Himata Tangerang

Wartajakarta.id Wartajakarta.id 20 Maret 2025
Bisnis

RFB DBS Gelar Program Khataman Al-Quran

Wartajakarta Wartajakarta 19 Juli 2023
Bisnis

Simak Cara Aktifkan 3 Fitur Galaxy Watch Ultra

Wartajakarta.id Wartajakarta.id 19 Desember 2024
Bisnis

Tanda Tangan Digital PERURI Permudah Administrasi, Mudik Lebaran Tetap Nyaman

Wartajakarta.id Wartajakarta.id 13 Maret 2025
Bisnis

Sepanjang 2024, Telkom Berhasil Dukung 84.291 UMKM Binaan Naik Kelas melalui Program Go Modern

Wartajakarta.id Wartajakarta.id 17 April 2025
Bisnis

TRIS Catat Penjualan Positif di Kuartal I/2024

Wartajakarta Wartajakarta 15 Mei 2024
Bisnis

Digiland 2025 Siap Digelar, Telkom Dapat Dukungan dari Gubernur DKI Jakarta

Wartajakarta.id Wartajakarta.id 2 Mei 2025
Bisnis

“Mornine” Robot Cerdas Chery

Wartajakarta Wartajakarta 25 April 2024
Bisnis

Program Gagasan Eco untuk Insan BUMN Lebih Peduli Lingkungan

Wartajakarta Wartajakarta 3 April 2024
Show More
Wartajakarta.idWartajakarta.id
Follow US
© 2022-2023 Wartajakarta.id. Berbagi Kabar Seputar Jakarta. All Rights Reserved.
  • About
  • Redaksi
  • Pedoman Media Siber
  • Privacy Policy
  • SOP Perlindungan Wartawan
  • Disclaimer
  • Contact
Welcome Back!

Sign in to your account