Wartajakarta.idWartajakarta.idWartajakarta.id
  • Home
  • Jakarta
    • Kepulauan Seribu
    • Jakarta Barat
    • Jakarta Pusat
    • Jakarta Selatan
    • Jakarta Timur
    • Jakarta Utara
  • Nasional
    • Politik
    • Hukum
    • Bisnis
    • Kesehatan
    • Teknologi
  • Dunia
  • Indeks Berita
Search
  • About
  • Redaksi
  • Pedoman Media Siber
  • Privacy Policy
  • SOP Perlindungan Wartawan
  • Disclaimer
  • Contact
© 2022-2023 Wartajakarta.id. Berbagi Kabar Seputar Jakarta. All Rights Reserved.
Reading: Tujuh Transformasi Digital Pos Indonesia
Sign In
Notification Show More
Wartajakarta.idWartajakarta.id
  • Jakarta
  • Nasional
  • Dunia
  • Hukum
  • Politik
  • Bisnis
  • Kesehatan
  • Teknologi
  • Indeks Berita
Search
  • Jakarta
  • Bisnis
  • Hukum
  • Nasional
  • Dunia
  • Politik
  • Kesehatan
  • Teknologi
  • Indeks Berita
Have an existing account? Sign In
Follow US
  • About
  • Redaksi
  • Pedoman Media Siber
  • Privacy Policy
  • SOP Perlindungan Wartawan
  • Disclaimer
  • Contact
© 2022-2023 Wartajakarta.id. Berbagi Kabar Seputar Jakarta. All Rights Reserved.
Wartajakarta.id > Berita > Bisnis > Tujuh Transformasi Digital Pos Indonesia
Bisnis

Tujuh Transformasi Digital Pos Indonesia

Wartajakarta 12 Februari 2023
Share
3 Min Read
SHARE

Di mata pubik, Pos Indonesia masih lekat dengan kesan konvensional. Namun, anggapan tersebut mulai terkikis seiring laju digitalisasi di berbagai lini kerja Pos Indonesia. Oleh karena itu, dalam merayakan Ulang Tahun ke-276, Pos Indonesia menegaskan komitmennya untuk bertransformasi.

 

Dituturkan Direktur Utama PT Pos Indonesia (persero) Faizal Rochmad Djoemadi, “Berulang kali disrupsi menerpa perusahaan kita. Mulai dari munculnya teknologi telepon dan pesan singkat, kemudian internet, hingga ke platform digital yang berteknologi canggih seperti aplikasi transportasi publik, logistik, hingga layanan finansial. Seluruhnya mengubah peta persaingan bisnis yang berdampak pada kondisi perusahaan menjadi lebih sulit. Namun, bukan berarti Pos Indonesia menyerah,”

Pos Indonesia telah menerapkan tujuh tranformasi untuk menghadapi tahun-tahun mendatang yang penuh tantangan. Tujuh transformasi itu adalah Business Transformation, Product and Channel Transformation, Transformation Process, Technology Transformation, Human Resourch Transformation, Organization Transformation, dan Culture Transformation.

Dinilai Richardus Eko Indrajit, Rektor Universitas Pradita sekaligus guru besar TI (Teknologi Informasi), transformasi digital yang dilakukan oleh Pos Indonesia sudah berada di jalur yang tepat. “Saya lihat PT Pos sudah berada di jalan yang benar, on the right track. Tinggal masalahnya adalah kecepatan dan agilitas (kelincahan), keduanya berjalan bersama karena perubahan cepat sekali. Kecepatan dan agilitas ini juga masalah pola pikir. Kalau merasa kurang cepat, kita bermitra dengan yang cepat. PT Pos sudah berada di jalur yang benar, karena banyak bermitra untuk meningkatkan agilitas atau kelincahan,”ucapnya.

Dia juga mengapresiasi super apps dari Pos Indonesia, yaitu Pospay. Aplikasi Pospay dinilai mampu mengakomodir kebutuhan masyarakat akan layanan jasa keuangan yang cepat dan aman. “Saya contohkan kalau Anda membeli suatu barang, ada tiga flow yang terjadi, flow of product yaitu barang dikirim dari gudang sampai ke rumah saya, flow of money yaitu bagaimana uang yang saya miliki saya berikan kepada perusahaan penjual barang, dan flow of information yaitu barang sudah sampai atau belum, pengirimnya siapa. PT Pos itu punya ketiganya. Kalau ketiganya konvergensi ke dalam satu aplikasi yang sekarang dikenal dengan super apps Pospay, itu merupakan sesuatu yang luar biasa. Semua itu tidak bisa dilakukan tanpa transformasi digital dan teknologi informasi,” urainya.

 

Lebih jauh ia mengingatkan, PR (pekerjaan rumah) PT Pos ke depan, yaitu harus berinovasi. “Setelah memberikan layanan, harus menjalin relasi. Customer kalau sudah dijalin relasi, maka akan loyal. Puas (tapi) kalau tidak loyal, (maka) dia bisa pindah. Kalau sudah loyal, misalnya harga akan naik pun dia tidak masalah karena sudah loyal. Relasi lebih penting daripada transaksi,” pungkasnya.

(rls/MC)

Previous Article Nurul Izzah Umumkan Tidak Lagi Jadi Penasihat PM Anwar Ibrahim
Next Article Menhan Tiongkok Tolak Pembicaraan Telepon dengan AS
Leave a comment Leave a comment

Tinggalkan Balasan Batalkan balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *

Kabar Terbaru

Belum Terima Nusuk? Jemaah Haji Diminta Agar Lapor ke Ketua Kloter
Nasional 22 Mei 2025
Bareskrim Polri Bongkar Sindikat Oplosan Gas Subsidi di Jakarta
Hukum 22 Mei 2025
Semakin Padat, Jemaah Perlu Perhatikan Tips Aman saat ke Masjidil Haram
Nasional 22 Mei 2025
Presiden Prabowo Pimpin Ratas Percepatan Hilirisasi, Konsorsium Huayou dan CATL Siap Jalankan Green Package
Nasional 22 Mei 2025
Cek Fakta Jemaah JKG 41 Pindah Sendiri dari Hotel 808, PPIH: Dikawal Petugas Hingga Penginapan
Nasional 22 Mei 2025
Wapres Gibran Rakabuming Tinjau Pabrik Elektronika di Cikarang
Nasional 21 Mei 2025
Presiden Prabowo Subianto Serukan Penyederhanaan Regulasi untuk Kedaulatan Energi
Nasional 21 Mei 2025
Presiden Prabowo Subianto: Energi dan Pangan adalah Kunci Kedaulatan Bangsa
Nasional 21 Mei 2025
Kingston Dukung Masa Depan: Memungkinkan Masa Depan AI dengan Solusi Performa Tinggi di COMPUTEX 2025
Bisnis 21 Mei 2025
OPPO dan Discovery Channel Hidupkan Momen Perayaan Budaya Dunia di Hari Keanekaragaman Budaya 2025
Bisnis 21 Mei 2025

You Might also Like

Bisnis

Dukung Pengelolaan Sampah Ramah Lingkungan, Jasa Marga Berikan Bantuan Mesin Komposter di Rest Area Km 88 A dan 88 B Ruas Tol Cipularang

Wartajakarta.id Wartajakarta.id 25 Oktober 2024
Bisnis

Peningkatan Penggunaan Teknologi Seluler, Persaingan Antar Brand D2C Meningkat

Wartajakarta Wartajakarta 29 November 2022
Bisnis

Masa Depan Smartphone Lipat: OPPO Find N5 Menjawab Tantangan Inovasi Era Baru

Wartajakarta.id Wartajakarta.id 10 April 2025
Bisnis

OPPO A60, Tangguh dan Tahan Lama

Wartajakarta Wartajakarta 13 Mei 2024
Bisnis

Osamu Suzuki Tutup Usia di 94 Tahun, Dunia Otomotif Berduka

Wartajakarta.id Wartajakarta.id 2 Januari 2025
Bisnis

Sepanjang 2023, SEVA Raih Penjualan 16 Ribu Unit Mobil

Wartajakarta Wartajakarta 25 Januari 2024
Bisnis

Twelve Squared Komitmen Mendukung Potensi Pasar Sport Tourism di Indonesia

Wartajakarta Wartajakarta 10 Februari 2024
Bisnis

Indah Kiat Pulp & Paper Raih Penghargaan 7th Anniversary Indonesia Best CSR Awards 2025 dari The Iconomics

Wartajakarta Wartajakarta 30 April 2025
Bisnis

Potongan Tarif 20 Persen Jakarta – Semarang Mulai Diberlakukan

Wartajakarta Wartajakarta 3 April 2024
Show More
Wartajakarta.idWartajakarta.id
Follow US
© 2022-2023 Wartajakarta.id. Berbagi Kabar Seputar Jakarta. All Rights Reserved.
  • About
  • Redaksi
  • Pedoman Media Siber
  • Privacy Policy
  • SOP Perlindungan Wartawan
  • Disclaimer
  • Contact
Welcome Back!

Sign in to your account